Garang River Race Inventory and Survey Competition

Pelestarian ekosistem Daerah Aliran Sungai (DAS) memerlukan peran aktif dari banyak pihak. Memahami dinamika DAS dan sungai itu sendiri sangat diperlukan dalam rangka menemukan upaya penanganan yang tepat.

Bagi generasi muda, mempelajari ekosistem sungai dan sekitarnya merupakan hal yang penting dalam upaya konservasi DAS.

Salah satu inisiatif dari Yayasan Bintari dalam mendorong kepedulian generasi muda dalam konservasi DAS adalah dengan menyelenggarakan “Garang River Race Inventory and Survey Competition.

Mengambil Segmen 2 Sungai Garang, Kelurahan Tinjomoyo Kota Semarang, pada 27 Desember 2014 sebanyak 30 peserta yang berasal dari 6 kelompok pecinta alam dan pengamat burung melakukan kompetisi dalam melakukan monitoring sungai dan inventarisasi keanekaragaman hayati di Sungai Garang dan Sekitarnya.

Menempuh rute sejauh kurang lebih 2 km, peserta memiliki waktu kurang lebih 5 jam untuk melakukan monitoring sungai garang berdasar parameter fisik, kimia maupun biologi. Selain itu, peserta juga melakukan pemantauan keanekaragaman hayati seperti kupu-kupu, capung, burung dan tanaman air. Identifikasi permasalahan di sekitar sungai juga menjadi salah satu hal yang diamati.

Pada akhir kegiatan, seluruh peserta melakukan penanaman Bambu Petung (Dendrocalamus asper) sebagai upaya konservasi tebing sungai yang terancam oleh erosi.

Di akhir kompetisi, terpilih Kelompok Pecinta Alam (KPA) Argapeta dari SMK 7 kota Semarang sebagai Best Racer dan Green Community Unnes sebagai Best Observer.

Seluruh peserta menyambut antusias program ini, dan berharap agar aktivitas serupa dapat menjad agenda tahunan bagi kelompok-kelompok pecinta alam dan pemerhati lingkungan lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s